Map location

Kota Medan Istana Maimun


Media Turisme Indonesia. Istana merupakan tempat tinggal raja dengan segala kemewahan dan kebesaran kekuasaannya. Namun kini istana nasibnya tidak seperti istana-istana raja-raja Eropa atau di Asia seperti Muangthai, Jepang, apalagi keturunannya yang nampak tak seberuntung pendahulunya.
Istana Maimun merupakan satu dari sekian banyak istana peninggalan jaman keemasan kerajaan Melayu, seperti istana Sultan Siak, istana Pagaruyung dan lain sebagainya.Istana Maimun dibangun dalam era kejayaan Kesultanan Deli yang berlangsung dari tahun 1873-1924. Lebih tepatnya dibangun hampir diakhir era kejayaan kesultanan Deli yakni tahun 1888. Pada masa Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah berkuasa. Dan merupakan Sultan Deli ke IX. Sultan Makmun meletakkan batu pertama pembangunan gedung kesultanan pada tanggal 26 Agustus 1888. Tiga tahun kemudian pembanguan selesai dan diresmikan pada tangga 18 Mei 1891.
Istana Kesultanan Deli berdiri diatas lahan seluas 2.772 m². Tetapi sebenarnya luas tanah yang dimiliki oleh Kesultanan Deli lebih dari itu. Luas bangunan sendiri 412.M2. Bangunan kesultanan memiliki ruangan sebanyak 30 kamar. Perancang dari bangunan itu sendiri adalah seorang arsitek berkebangsaan Belanda, bernama TH Van Erp. Van Erp merancang bangunan kesultanan Deli dengan memadukan berbagai unsur yang mendasari kultur pemesannya, maka pengaruh budaya Melayu dengan kekentalan Islamnya, kemudian gaya Eropha seperti Spanyol dengan nuansa Persianya, dan Italia dalam rancangannya membuat bangunan Istana Kesultanan Deli memiliki karakter tersendiri.

Gallery Foto Istana Maimun

Alamat Istana Maimun:
Jl. Brigjen Katamso, Medan
Buka setiap hari dari jam 08.00- 18.00 WIB.
Sumbangan masuk, Rp.5.000 – 10.000.